Persiapan Menghadapi KKN (Kuliah Kerja Nyata)

Persiapan Menghadapi Kkn (Kuliah Kerja Nyata) - Sebelum menginjak semester yang ada kkn nya, pasti semuanya ngira kalau kkn itu jamannya angkatan tua-tua ya?? Sama, saya juga sempet berpikir demikian. Tapi, kalau udah masuk waktunya, nah lo.. ga mau banget dibilang masuk angkatan tua.. haha dasar. Masuk ke ranah kkn nih. KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang sering diadakan kampus ini ternyata sebagai bukti pengabdian mahasiswa kepada masyarakat dengan sukarela.

Kkn ada dua macamnya, ada kkn biasa dan ada kkn tematik. Kkn biasa terfokus hanya kepada mengabdi pada masyarakat teman, sedangkan kkn tematik itu tidak hanya terfokus pada mengabdi saja loh, di samping mengabdi kita dikelompokkan menurut tema kita masing-masing teman.

Tema yang dipilih sesuai dengan keinginan teman-teman semua. Ingin mengabdi dalam ranah sekolahan, atau pada lembaga masyarakat, atau pada kebudayaan masyarakat dan masih banyak macamnya.

Siapa saja yang akan menghadapi Kuliah Kerja Nyata pasti akan mengalami kebingungan, hal apa dulu nih yang mesti dilakukan untuk menghadapi Kuliah Kerja Nyata ini. Kuliah Kerja Nyata merupakan salah satu mata kuliah yang wajib dikontrak pada beberapa universitas.

Kegiatan mata kuliah ini, biasanya tidak jauh berbeda dengan kegiatan yang dilakukan pada P2M (Pengabdian Pada Masyarakat) pada kegiatan Himpunan Jurusan atau jika kita sering menonton Jika Aku Menjadi, nah seperti itulah kegiatan Kkn akan berlangsung.

Lagi KKN

Untuk menghadapi Kuliah Kerja Nyata, Hal pertama yang mesti kita pikirkan terlebih dahulu adalah :

1. Persiapan budget 
Biasanya lama kkn itu bermacam-macam teman, sesuai dengan ketetapan yang diberikan oleh kampus itu sendiri. Ada yang diberi 7 hari, 15 hari, 30 hari, bahkan 40 hari. Nah, dalam jangka waktu yang telah ditetapkan itu, jangan lupa perinci kebutuhan kebutuhan apa saja yang akan diperlukan selama menetap disana, biaya kosan/ posko (untuk tempat tinggal kkn, syukur-syukur jika difasilitasi oleh warga),  listrik, biaya makan, obat pribadi, ongkos menuju tempat kkn, serta patungan untuk rencana kegiatan yang akan dilangsungkan disana.

2. Pastikan tempat tinggal
Sebelum masuk masa kkn, usahakan kita sudah survei ke tempat/ daerah yang akan kita tetapkan sebagai posko kkn. Akan lebih baik lagi jika tempat tinggal yang kita pilih itu dekat dengan rumah penduduk sekitar yang aktif serta dekat dengan rumah tokoh masyarakatnya. Agar, kita tidak sulit berkonsultasi dengan warga saat akan melaksanakan agenda kegiatan.

3. Persiapan fisik
Sebelum memasuki masa kkn, jaga kesehatan dengan baik, makan dengan teratur, minimal olahraga dengan teratur tiap hari atau minggunya juga ya.. karena di lapangan nanti, entah ada urusan yang urgent atau tidak, fisik yang kuat juga sangat dibutuhkan dalam melaksanakan kegiatan-kegiatannya.

4. Persiapan rencana kegiatan
Rencana kegiatan yang dirancang, boleh dilakukan di sebelum kkn atau setelah beberapa hari setelah bersosialisasi dengan masyaraat sekitar mengenai tujuan kedatangan kkn kita ini. Karena, pada umumnya, kegiatan yang sangat diapresiasi oleh warga, hanya pada kegiatan-kegiatan yang dirasa sangat dibutuhkan oleh warga itu sendiri di dalam lingkungannya.

5. Persiapan hati
Jangan salah, banyak orang yang mudah sekali terjerat cinlok saat kkn ini. Sehingga, lambat laun banyak juga yang kehilangan arah tujuan kkn mereka ini, sebelum memasuki area kkn, tanamkan dalam diri kita, bahwa kita kkn ini, bukan untuk niat yang lain-lain lagi, selain  melaksanakan kewajiban, dan sukses pada program kerja kkn yang sebelumnya dirancang.

Teman-teman mungkin itulah sedikitnya persiapan yang harus dipertimbangkan teman-teman semua sebelum melaksanakan kkn. Tidak ada rencana yang selalu mulus terlaksana tanpa ujian dan rintangan. Semoga, teman-teman semua termasuk ke dalam golongan orang-orang yang Allah lancarkan jalannya. Amin :)
Tag : Pendidikan
0 Komentar untuk "Persiapan Menghadapi KKN (Kuliah Kerja Nyata) "

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top