Cara Untuk Mengatasi Nyeri Haid

Cara Untuk Mengatasi Nyeri Haid - Nyeri haid? Pada awal masa menjelang haid, biasanya wanita tidak mengalami gejala sakit yang amat sangat. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, ada gejala dimana perut kita serasa sedang dikocok-kocok, ditekan, ditindih, diremas, ditusuk-tusuk dan segala macam rasanya, rasa sakit yang tak tertahankan. Hal ini biasanya diakibatkan karena adanya gumpalan darah kotor yang sulit bergerak dan sulit untuk dikeluarkan.

Nah bagi para wanita yang sedang mengalami nyeri haid di hari pertama, kegiatan di bawah ini dapat anda lakukan untuk mengatasi nyeri haid. Berikut pembahasannya:

Nyeri Haid (Gambar diambil dari greenworldglobal.web.id)
1. Berolahraga
Karena nyeri haid ini biasa diakibatkan karen adanya gumpalan darah, maka dengan olahraga biasanya akan membantu menghilangkan rasa nyeri yang kita rasakan. Olahraga yang dapat dilakukan adalah jogging dan senam.

2. Meminum ramuan herbal
Ramuan herbal yang dapat dikonsumsi saat mengalami nyeri haid adalah kunyit. Kunyit ini dapat dikonsumsi ketika kita merasakan nyeri haid. Namun, intensitas dalam meminum obat herbal ini jangan terlalu sering, beri jeda waktu meminum obat herbal ini. Cara mengkonsumsi kunyit ini adalah dengan mengupas kulit kunyit, lalu kunyit diparud dan diberi air hangat. Hasil parudan kunyit dan campuran air hangat, disaring lalu kunyit siap diminum. Diminum dengan ditambahkan madu juga tidak masalah. Takaran kunyit tiap gelasnya adalah 3 buah. Satu hari cukup mengkonsumsi 1 gelas air kunyit saja. Jika, nyeri belum mereda setelah meminum kunyit, sehari boleh dua kali.

3. Banyak bergerak
Pada dasarnya, rasa sakit atau nyeri haid itu disebabkan oleh darah yang menggumpal dan badan yang dibiarkan diam ketika darah tersebut menggumpal. Oleh karena itu, aktivitas macam apapun yang dapat membuat badan menjadi bergerak, dapat mengatasi gejala nyeri haid ini. Misalnya saja jika kita mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Seperti mengepel, mencuci baju dan lain sebagainya.

4. Menghindari minuman dingin 
Minuman yang dingin dapat menambah penggumpalan pada darah. Sehingga, rasa nyeri haid kita akan makin menjadi. Oleh sebab itu, baiknya kita menghindari minuman dingin ketika sedang dalam masa haid.

5. Kelapa Muda
Nah kelapa muda selain menyegarkan, ternyata bisa juga mengurangi rasa nyeri haid di hari pertama. Anda cukup menikmati air kelapa muda dan dagingnya saja. Cara yang tidak memberatkan bukan.

Itu dia 5 Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri haid. Semoga bermanfaat
Tag : Kesehatan
1 Komentar untuk "Cara Untuk Mengatasi Nyeri Haid"

Inimah masalah cewe haha.. ikut baca aja ah hehe

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top