Ini Dia, Manfaat Berwudhu Bagi Kesehatan

Berwudhu merupakan syarat syahnya kita melaksanakan shalat. Pengertian wudhu menurut bahasa artinya bersih dan indah.

Menjaga wudhu sebaiknya dilakukan agar kita selalu dalam keadaan suci. Karena begitu banyak manfaat yang akan kita dapatkan dengan berwudhu.
Manfaat Berwudhu Bagi Kesehatan.jpg
Manfaat Wudhu (sumber : ayeey.com)
Berikut Manfaat Berwudhu Bagi Kesehatan

1. Membasuh Telapak Tangan
Membasuh telapak tangan adalah gerakan wudhu yang pertama. Saat membasuh telapak tangan dan menggosok bagian sela-sela jari di kedua tangan. Cara tersebut dapat menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel pada telapak tangan sehingga tangan kita akan selalu bersih.

2. Berkumur-kumur
Gerakan wudhu yang kedua adalah berkumur. Dengan berkumur rongga mulut kita akan selalu terjaga kebersihannya karena dengan berkumur dapat membersihkan atau menghilangkan sisa-sisa makanan yang masih menempel pada gigi. Selain itu gerakan saat berkumur juga memiliki manfaat yaitu menguatkan urat wajah.

3. Membersihkan Hidung
Membersihkan hidung dengan cara menghirup air kemudian mengeluarkannya kembali dapat bermanfaat untuk meembantu membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada rongga-rongga hidung. Dengan begitu tentunya rongga hidung akan tetap terjaga kebersihannya dan jauh dari kuman yang menempel.

4. Membasuh Wajah 
Wajah juga merupakan bagian tubuh yang mudah sekali terkena kotoran akibat aktifitas yang kita lakukan sehari-hari. Kotoran-kotoran yang menempel pada wajah bisa menjadi penyebab munculnya berbagai penyakit seperti jerawat. Nah dengan menjaga wudhu tentunya anda juga akan rutin membersihkan wajah anda sehingga wajah terhindar dari segala kotoran yang menempel yang dapat menyebabkan munculnya jerawat. Selain itu wajah juga akan terlihat lebih cerah dan tidak kusam.

5. Membersihkan Kedua Tangan Kanan dan Kiri Hingga Siku
Banyak pula aktifitas kita sehari-hari yang melibatkan tangan. Dengan menjaga kebersihan tangan tentunya kesehatan kita juga akan selalu terjaga. Dengan mebersihkan kedua tangan kanan dan kiri saat berwudhu akan membantu membersihkan kotoran-kotoran, kuman dan bakteri yang menempel di tangan.

6. Mengusap Kepala atau Rambut
Mengusap kepala saat berwudhu ternyata juga bisa membantu meredakan hipertensi dan mengurangi rasa sakit kepala.

7. Menyapu kedua Telinga 
Membersihkan kedua daun telinga mulai dari bawah menuju bagian atas saat berwudhu juga dapat menjaga kebersihan telinga dari kotoran yang menempel pada daun telinga, karena daun telinga adalah bagian tubuh yang jarang tersentuh meskipun kita sedang mandi.

8. Membasuh kedua kaki kanan dan kiri
Kedua kaki kita juga perlu dijaga kebersihannya agar tetap sehat dan tidak bau. Tentunya dengan menjaga wudhu kita juga sekaligus menjaga kebersihan kaki kita.

Dengan kaki yang selalu bersih dan terhindar dari kotoran maka anda akan terhindar dari masalah bau kaki atau jamur pada kaki.

Itulah beberpa Manfaat Berwudhu Bagi Kesehatan. Dengan menjaga wudhu tentunya bukan hanya anggota tubuh kita saja yang akan selalu terjaga kebersihannya, namun dengan berwudhu kita juga mendapatkan ketentraman hati dan pikiran, pikiran lebih tenang, tidak mudah emosi bahkan saat emosi pun berwudhu bisa menjadi solusi untuk meredakannya. Dan masih banyak juga manfaat berwudhu untuk sisi psikologis kita.

Semoga kita termasuk orang-orang yang mampu menjaga wudhu. Amin ^_^
0 Komentar untuk "Ini Dia, Manfaat Berwudhu Bagi Kesehatan "

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top