Cara Mengambil Keputusan Yang Baik

Cara Mengambil Keputusan Yang Baik- Keputusan keputusan keputusan... setiap orang pasti pernah mengalami kebingungan dalam mengambil keputusan bukan? Keputusan merupakan suatu hal yang akan membuat keadaan menjadi membaik atau bahkan sebaliknya. Salah-salah dalam mengambil keputusan, kita akan kehilangan sesuatu yang dapat merugikan diri kita, bahkan orang lain.

Setiap dari diri kita merupakan pemimpin bagi diri kita sendiri. Sehingga nantinya kita akan mampu untuk memimpin orang lain juga dalam suatu organisasi atau kumpulan lainnya. Dalam menjalani kehidupan, kita banyak dihadapkan pada pilihan dan masalah.

Cara Mengambil Keputusan
Cara Mengambil Keputusan
Apa yang kita ambil merupakan pilihan yang harus kita jalani serta kita pertanggungjawabkan adanya. Pemimpin yang bijak tidak lahir dari selalu tepatnya ia dalam mengambil keputusan di setiap permasalahan yang ada.

Pemimin yang bijak juga manusia yang pernah melakukan kesalahan dalam mengambil keputusan.
Namun, dibalik kesalahannya yang terdahulu, ia mampu bangkit dan memperbaiki kesalahan terdahulunya di masa mendatang. Itulah yang menyebabkan seseorang dikatakan sebagai pemimpin yang bijak.

Karena kegigihannya dalam menyelesaikan masalah, karena kegigihannya bangkit setelah jatuh karena salah mengambil keputusanlah yang membuat ia lihai betul dalam mengambil suatu keputusan. Sehingga, ketika ia dihadapkan pada suatu masalah, yang dipikirkannya adalah dampak atas keputusan-keputusan yang akan ia ambil.

Maka dari itu, cara untuk mengambil keputusan, diantaranya :
a. Pastikan hati dan pikiran sedang dalam keadaan dingin
Seringkali faktor yang membuat kita salah dan menyesal dalam mengambil keputusan adalah karena hati dan pikiran kita sedang diliputi dengan amarah dan hawa nafsu belaka. Yang terjadi, kita mengambil jalan cepat dalam menyelesaikan masalah tersebut. Sehingga, menghasilkan hasil yang sangat tidak memuaskan serta sangat jauh dari harapan yang diinginkan. Oleh karena itu, sebisa mungkin jika kita sedang merasa amarah sedang mengelilingi diri kita, sebaiknya kita diam terlebih dahulu.

b. Sadar dan paham betul terhadap masalah yang sedang dihadapi
Biasanya dalam kondisi yang tidak stabil, kita kadang tidak paham terhadap masalah yang sedang berada di depan kita. Oleh karena itu, penyadaran yang optimal terhadap permasalahan yang terjadi menjadi faktor utama yang akan membawa ke arah mana penyelesaian masalah akan dilangsungkan.

c. Banyak belajar dari masalah yang ada
Manusia dapat menciptakan teknologi dan sebagainya, tidak dilalui dengan tanpa proses. Mereka berulang kali melakukan kesalahan, mengetahui letak kesalahan yang dibuat, dan mencari jalan yang lain untuk menuju harapan yang dicita-citakan sampai mereka berhasil mencapai tujuan yang mereka targetkan untuk menjadi seorang penemu. Begitupula kita, jika kita ingin bijak dalam menyelesaikan masalah. Bukan tanpa hambatan dan tanpa kesalahan. Justru ketika kita jatuh dan melakukan kesalahan, disitulah kita mendapatkan kekuatan, untuk berlari lebih jauh lagi dari biasanya. Masalah yang ada yang tidak bisa kita selesaikan sebelumnya itulah, yang akan memberi petunjuk kepada kita agar menjadi si bijak. Maka, jangan abaikan hal itu yaa..

d. Memertimbangkan dampak dari alternatif pemecahan masalah yang akan dilakukan
Bukan tanpa dampak. Semua hal yang kita lakukan, baik dan buruk. Semuanya mempunyai dampak bagi masing-masing perbuatannya. Dengan mempertimbangkan baik dan buruk bagi orang lain dan diri kita sendiri sebelum memutuskan sesuatu, akan membantu kita mengurangi kemungkinan buruk yang terjadi akibat keputusan yang kita ambil.

Segala sesuatu yang kita lakukan, tidak lain dan tidak bukan terlaksana atas kehendak Allah, bagi hamba-hambanya yang beriman Allah menguji mereka dengan berbagai macam ujian. Baik kesenangan maupun kesedihan. Oleh karena itu, penanganan atas setiap masalah yang ada, mesti kita selesaikan dengan seoptimal mungkin sebagai rasa syukur kita terhadap-Nya. Semoga kita selalu ada dalam lindungan-Nya. Amin :)
Tag : Inspirasi
2 Komentar untuk "Cara Mengambil Keputusan Yang Baik"

Artikel yang membantu saya nantinya mas (y) hehe makasih mas (y) membantu banget

dalam mengambil keputusan memang harus dengan tenang mas agar keputusan yang dibuat tepat sasaran

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top