Tips Aman dan Nyaman Berkendara Sepeda Motor

Tips Aman dan Nyaman Berkendara Sepeda Motor - Saat kita akan berkendara tentunya kita juga harus memperhatikan keselamatan untuk diri kita. Karena berkendara merupakan suatu aktivitas yang bisa disebut berbahaya untuk zaman sekarang karena juga sudah banyaknya kendaraan yang lalu lalang di jalanan dan belum lagi tidak semua pengendara itu memiliki kesopanan saat dia berkendara.

Kadang banyak juga orang yang suka ugal-ugalan saat berkendara, sampai-sampai orang yang tidak bersalah atau sudah berhati-hati pun menjadi sasaran kecelakaannya.

Nah maka dari itu kita wajib tau bagaimana sih cara berkendara yang aman itu? Caranya cukup mudah bisa dibilang simple, yang hanya perlu kita lakukan yaitu hanya dengan menyediakan beberapa peralatan pengaman dan pengalaman berkendara saja, hanya itu modal utamanya.

Keselamatan dalam berkendara wajib kita perhatikan. Karena itu pula banyak spanduk-spanduk yang terpasang di pinggir atau atas jalan raya "Hati-hati berkendara karena keluarga menanti dirumah", "Bukan Utamakan Kecepatan, Tapi Utamakanlah Keselamatan".

Walaupun pada kenyataannya, sekarang ini masih banyak orang yang suka tidak berhati-hati dan bahkan untuk anda ketahui saja angka kecelakaan di indonesia setiap tahunnya selalu meningkat.
Tips Aman dan Nyaman Berkendara Sepeda Motor
Tips Aman dan Nyaman Berkendara Sepeda Motor
Untuk itu ada baiknya anda menjaga keselamatan diri anda dengan sedikit menyimak Tips Aman Berkendara Sepeda Motor
1. Sediakan Kelengkapan Keselamatan Sebelum Berkendara.
Hal pertama sebelum anda akan berkendara anda wajib menyediakan alat keselamatn untuk berkendara, contohnya saja Helm, Sarung Tangan, Jaket, Celana yang keras seperti levis dan sepatu.

Semua alat ini wajib kita bawa dan kita pakai untuk menjaga keselamatan diri kita saat berkendara selama di perjalanan. Selain untuk menjaga keselamatan dan aman berkendara, dengan memakai perlengkapan tersebut tentunya perjalanan anda juga akan lebih nyaman.

2. Sebelum Berkendara
Sebelum Anda berkendara pastikan bahwa kondisi anda benar-benar fit dan mampu untuk mengendarai sepeda motor Anda.

3. Periksa Keadaan Kendaraan
Setelah perlengkapan lengkap sekarang saatnya anda memeriksa kelayakan dan kondisi kendaraan anda, apakah baik untuk di kendarai atau tidak. Maka dari itu, ada baiknya anda untuk mengeceknya, apalagi apabila anda akan melakukan perjalanan jauh, ini sangat penting anda lakukan.
Periksa keadaan kendaraan seperti rem berfungsi baik atau tidak, kondisi roda apakah tidak ada yang rusak, tekanan angin mencukupi tidak, Apakah lampu utama dan sein berfungsi dengan baik,  apakah ban sepeda motor belum aus, rantai sudah anda beri pelumas atau belum, apakah bensin mencukupi. Dan lain-lain.

4. Selalu menyediakan Cemilan Dan Minuman Saat Akan Berjalan Jauh
Setiap anda akan berkendara menempuh perjalanan yang jauh ada baiknya anda menyediakan makanan dan minuman untuk anda konsumsi selama perjalanan, karena saat kita berkendara maka kondisi tubuh dan energi tubuh juga akan terkuras, pernahkah anda melihat di TV seorang anak berita meninggal pas diperjalanan karena mengalami dehidrasi? Nah maka dari itulah sediakan selalu makanan dan minuman untuk di konsumsi selama diperjalanan.

5. Berkendaralah Sesuai Batas Kemampuan Anda
Jangan pernah untuk berkendara melebihi batas kemampuan Anda atau lebih cepat dari batas yang telah ditetapkan. Kelelahan dan kurangnya kewaspadaan dapat mengganggu kemampuan anda untuk mengambil keputusan dengan benar dan berkendara dengan aman.

6. Hindari Minum Minuman Beralkohol
Saat berkendara, anda wajib menghindari mengkonsumsi minuman beralkohol. Karena mengkonsumsi minuman beralkohol sedikit saja, dapat mengurangi kemampuan Anda untuk merespon terhadap perubahan kondisi jalan, dan seiring dengan minuman keras yang Anda minum, maka kecepatan anda bereaksi akan lebih buruk lagi. Jangan pernah minum-minuman keras/beralkohol saat berkendara, dan jangan biarkan teman anda juga melakukannya.

7. Jaga Jarak
Setiap kendaraan perlu memiliki jarak tertentu agar tetap aman. Karena untuk menghindari ketika terjadi rem mendadak, atau setidaknya sepeda motor yang anda kendarai memiliki jarak tertentu untuk bisa melakukan pengereman pada kecepatan tertentu. Jaga jarak sangat diperlukan. Bahkan terkadang ada motor yang di pasang stiker "Awas kita bukan muhrim, Jaga Jarak, Oke! " :D

8. Patuhi Rambu-rambu Lalu Lintas
Mematuhi rambu-rambu lalu lintas akan membuat keselamatan anda lebih terjaga dan menghindarkan anda dari kecelakaan. Patuhilah rambu-rambu lalu linta seperti lampu lalu lintas, dan rambu-rambu lainnya. Ketika anda melanggarnya, berarti anda telah memanggil malaikat maut untuk menjemput anda. Jadi jangan pernah melanggar ya!

Nah itulah Tips Aman dan Nyaman Berkendara versi Geeniuss.Com. Semoga bermanfaat.
Jangan lupa untuk tinggalkan komentar dan sharenya untuk artikel ini sebagai bentuk penghargaan bagi saya dan terima kasih sudah berkunjung.
0 Komentar untuk "Tips Aman dan Nyaman Berkendara Sepeda Motor"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top