Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan. Dari berbagai jenis jeruk, jeruk nipis merupakan jenis jeruk yang kaya akan manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan dan sebagian besar orang juga sudah memanfaatkannya.

Jeruk Nipis memiliki nama latin Citrus aurantifolia. Tak diragukan lagi kandungan yang terdapat pada jeruk nipis yang telah banyak diketahui orang adalah kandungan vitamin C. Meski begitu, masih banyak lagi kandungan nutrisi yang terdapat pada jeruk nipis.

Dikutip dari tipscaramanfaat.com kandungan nutrisi dan gizi yang terdapat pada jeruk nipis per 100 gram yaitu sebagai berikut:
  • Vitamin C , sebesar 27 mg
  • Vitamin B1, sebesar 0.04 mg
  • Protein , sebesar 0.9 gram
  • Lemak , sebesar 0.2 gram
  • Karbohidrat, sebesar 11.4 gram
  • Mineral , sebesar 0.5 gram
  • Kalsium , sebesar 33 mg
  • Fosfor , sebesar 23 mg
  • Zat besi , sebesar 0.4 mg
  • Asam askorbat, sebesar49 mg
  • Energi , sebesar 51 kal
  • Sisanya Air ,sebanyak 86 gram
Itulah kandungan nutrisi dan gizi. Tentu dengan kandungan dan nutrisi yang terdapat pada jeruk nipis tersebut, tak bisa di ragukan lagi manfaatnya.
Manfaat Jeruk Nipis.jpg
Manfaat Jeruk Nipis.jpg
Berikut Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan.
1. Membantu Menghilangkan komedo
Komedo pada hidung terkadang sangat mengganggu penampilan dan membuat penderita menjadi kurang percaya diri tampil di hadapan orang. Nah untuk membantu membersihkan komedo pada hidung anda, anda bisa memanfaatkan jeruk nipis. Caranya: 
  • Kupas jeruk nipis, 
  • Peras kemudian ambil air perasannya,
  • Oleskan air perasan jeruk nipis ke hidung yang terdapat komedo
  • Diamkan beberapa menit (10-20 menit)
  • Kemudian basuh wajah anda dengan air hingga bersih
2. Membuat lebih halus dan sehat
Tentunya ketika komedo-komedo yang membuat hidung terlihat seperti landak sudah hilang dan sel-sel kulit mati terangkat, wajah anda akan lebih sehat. Selain itu wajah anda pun akan lebih halus dari sebelumnya. 

3. Membantu Menghilangkan Jerawat
Selain komedo, jerawat pun sangat mengganggu penampilan seseorang. Terkadang jerawat membuat penampilan menjadi kurang menarik. Oleh karena itu, jerawat juga harus segera di atasi agar anda lebih percaya diri. Nah, jeruk nipis juga bisa anda manfaatkan untuk membantu menghilangkan jerawat. Caranya sama dengan cara menghilangkan komedo.

4. Membantu Menghilangkan Bau Badan
Memiliki masalah dengan bau badan tak sedap. Gunakan lah jeruk nipis untuk membantu mengatasi masalah bau badan. Baca selengkapnya di Cara Menghilangkan Bau Badan Tak Sedap.

5. Mengobati Sakit Batuk
Jeruk nipis juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit batuk. Cara ini juga sudah banyak digunakan oleh masyarakat dahulu. Caranya dengan membuat campuran 3 rambuan yaitu (kecap, jeruk nipis, dan madu).

6. Mencegah dan Mengobati Pilek
Selain dapat mengobati sakit batuk, jeruk nipis juga dapat mencegah sakit pilek bahkan dapat mengobati sakit pilek. Pilek biasa menyerang saat daya tahan tubuh melemah. Oleh karena itu rutin mengkonsumsi jeruk nipis akan meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah sakit pilek.

7. Mengobati Sariawan, Gusi Berdarah, dan Panas dalam.
Sariawan, Gusi Berdarah dan panas dalam merupakan penyakit yang disebabkan karena kekurangan vitamin C. Oleh karena itu jeruk nipis bisa anda manfaatkan untuk mengobati dan mencegah timbulnya 3 penyakit tersebut. (Jangan lewatkan: Cara Mengobati Sariawan)

8. Meningkatkan Daya Tahan dan Menambah Stamina
Jeruk nipis kaya akan vitamin C. Vitamin C berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda, sehingga sistem kekebalan tubuh anda akan meningkat.

9. Membantu Menurunkan Berat Badan
Bagi anda yang memiliki berat badan berlebih, jeruk nipis juga bisa membantu menurunkan berat badan sehingga diet anda berhasil. Caranya dengan mengkonsumsi air perasan jeruk nipis tanpa gula setiap hari. Untuk memerasnya anda juga bisa menggunakan blender. Untuk mengurasi rasa asam dari jeruk nipis anda bisa mencampurkannya dengan air putih hangat.

10. Baik Untuk Kesehatan Rambut
Nah untuk menjaga keindahan rambut anda dan mencegah kerusakan rambut seperti rambut rontok atau rambut berketombe anda juga bisa menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis memberikan kesejukan pada kulit kepala sehingga mampu mengurangi rasa gatal. Untuk merawat keindahan rambut caranya peras jeruk nipis, ambil perasannya kemudian gosokan pada kulit kepala dan pijat dengan lembut. Kemudian basuh hingga bersih.

Nah itulah Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga menambah pengetahuan dan wawasan kita semua. Amiinn ^-^
1 Komentar untuk "Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan"

wah banyak juga ya mas makasih infonya saya mau ngilangin komedo dulu pake jeruk nipis hehe

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top