Cara Melatih Otak Untuk Meningkatkan Kreativitas

Geeniuss - Cara Melatih Otak Untuk Meningkatkan Kreativitas. Hasil diskusi bersama teman untuk menjadi orang sukses memerlukan pemikiran yang kreatif, inovatif, dan imajinatif.

Pemikiran kreatif inovatif dan imajinatif merupakan sebuah pemikiran dimana seseorang mampu berpikir diluar kotak atau dalam bahasa inggris dikenal thinking out of the box.

Jonathan Schooler, PhD, seorang profesor psikologi di UC Santa Barbara mengatakan bahwa "Pikiran kreatif kita akan mengalir bebas selama mengerjakan tugas apapun ketika pikiran lebih mudah untuk mengembara".

Otak merupakan organ vital manusia. Jika manusia mampu memaksimalkan kinerja otaknya sudah dapat dipastikan dia akan menjadi orang yang luar biasa. Tahukah anda Albert Einstein orang yang dikenal dengan kejeniusannya, Albert Einstein baru menggunakan 1% dari otaknya.

Agar otak bisa lebih kreatif memang memerlukan usaha dari individu tersebut untuk mengasah dan melatih otak.


Cara Melatih Otak Untuk Meningkatkan Kreativitas.jpg
Cara Melatih Otak Untuk Meningkatkan Kreativitas.jpg
Nah bagi anda yang sedang berusaha meningkatkan kreativitas otak silahkan simak beberapa tips Cara Melatih Otak Untuk Meningkatkan Kreativitas

1. Melatih melakukan kegiatan dengan tangan non-dominan
Cara ini sangat baik dilakukan agar otak anda selalu terlatih yaitu dengan cara melakukan hal-hal atau kegiatan dengan non-dominan.

Contohnya misalnya anda adalah orang yang terbiasa menggunakan tangan kanan, cobalah untuk beberapa kondisi menggunakan tangan kiri atau kidal, seperti saat bermain badminton, bermain tennis, menggosok gigi atau menulis menggunakan tangan non-dominan.

Menurut Franklin Institute, latihan ini sangat baik dilakukan untuk melatih otak karena dapat memperkuat hubungan saraf yang ada dan bahkan membentuk saraf baru.

2. Bermain Puzzle
Dengan bermain puzzle otak juga akan semakin terlatih karena otak terus digunakan untuk berpikir bagaimana cara menyusun puzzle agar menjadi sebuah gambar. Selain bermain puzzle anda juga bisa bermain rubik.

3. Bermain Game Strategi
Nah selain dengan bermain puzzle atau rubik, apabila anda menyukai game cobalah untuk memainkan game-game strategi. Banyak sekali game strategi yang saat ini beredar. Penulis sendiri biasa bermain age of empire, stronghold crusader, COC (Clash of Clans), Dan masih banyak game strategi lainnya. Mainkan game strategi yang anda sukai untuk meningkatkan kreativitas otak anda.

4. Mendengarkan Musik dan Meditasi
Untuk meningkatkan kreativitas bukan berarti otak harus terus menerus dipacu untuk bekerja. Namun otak juga memerlukan istirahat. Mendengarkan musik akan membuat pikiran tenang dan nyaman. Selain mendengarkan musik anda juga dapat bermeditasi untuk membuat pikiran anda nyaman.

Menurut sebuah penelitian terbaru di Frontiers in Psychology, meditasi akan mendorong pemikiran yang kreatif. “Beristirahat dan duduk diam, idealnya dengan punggung tidak menyentuh kursi Anda, berfokus pada napas anda,” kata Schooler.

5. Belajar Dari "SALAH"
Kesalahan atau kegagalan memang banyak ditakuti orang, banyak orang yang menghindarinya karena takut dan malu apabila melakukan kesalahan berujung kegagalan. Padahal belajar dari kesalahan dapat memunculkan ide-ide kreatif. Betapa tidak, banyaknya salah yang pernah dialami seseorang pasti seseorang tersebut akan memiliki ide-ide kreatif baru sebagai solusi akibat dari banyaknya kesalahan yang pernah dialaminya.

6. Tidak Sempurna
Kebanyakan orang selalu menginginkan kesempurnaan padahal hal ini pula yang terkadang membuat seseorang itu menjadi kaku dan takut untuk mencoba, takut salah dan takut gagal. Ini akan membuat seseorang sulit untuk berpikir kreatif. Mulai sekarang eksplor pengetahuan dalam diri anda, jangan takut mencoba, jangan takut gagal, belajarlah dari setiap kesalahan.

7. Planning => Deadline
Buatlah rencana untuk hidup anda dan tentukan deadline dari setiap rencana yang anda buat. Dengan membuat deadline anda akan fokus untuk menyusun rencana rencana kecil tiap hari agar deadline yang sudah anda buat bisa tercapai. Tentunya otak anda akan memunculkan ide-ide cemerlang untuk membuat semuanya tercapai.

8. Bangun Pagi dan Olahraga
Bangun pagi dan berolahraga kecil di pagi hari akan membuat anda lebih bersemangat dan pikiran anda pun akan lebih optimis. Berbeda dengan anda yang bermalas-malasan bangun pagi. Bangun pagi aja malas kok mau berpikir kreatif.

Pemikiran kreatif mencirikan orang yang mau sukses, orang yang mau sukses tidak ada yang bermalas-malasan. Maka dari itu, jika anda ingin sukses berarti anda harus kreatif, bila ingin kreatif berarti anda tidak boleh bermalas-malasan.

9. Tidak masuk Akal
Orang yang berpikir tidak masuk akal memang terkadang menjadi bahan cibiran dan tertawaan karena di anggap kebanyakan orang adalah suatu hal yang aneh. Namun terkadang inilah yang membuat seseorang kreatif.

10. Bermimpi
Jangan pernah takut untuk bermimpi, karena mimpi adalah kunci untuk kita menaklukan dunia (nidji). Setiap orang pasti bisa untuk bermimpi, jadi bermimpilah.

Menurut Schooler, ketika orang membayangkan diri mereka jauh di masa depan, hal itu menyebabkan pikiran untuk beralih ke cara berpikir global yang bisa sangat berguna,”

Nah itulah 10 Cara Melatih Otak Untuk Meningkatkan Kreativias. Semoga 10 Cara di atas bisa membantu anda untuk meningkatkan kreativitas otak anda. Jangan lupa klik tombol share untuk berbagi kepada teman-teman anda.
Tag : Inspirasi
0 Komentar untuk "Cara Melatih Otak Untuk Meningkatkan Kreativitas"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top