Tips Sukses Menghadapi Ujian Nasional

Tips Sukses Menghadapi Ujian Nasional - Ujian Nasional atau UN memang terkadang menjadi sebuah momok yang menakutkan bukan hanya bagi siswa yang akan menghadapi UN, akan tetapi juga membuat guru dan orang tua siswa cemas.

Memang, nasib sekolah selama 3 tahun ditentukan oleh soal UN yang di laksanakan hanya dalam beberapa hari. Pantas saja jika banyak siswa yang merasa ketakutan menghadapi UN.


Namun ketakutan bukanlah hal yang harus di hindari, akan tetapi harus di hadapi. Bukankah orang yang hebat dan berani itu bukan orang yang tidak pernah merasa takut? Tetapi, orang yang hebat dan berani adalah orang yang mampu mengalahkan rasa takutnya.

(Jangan Lewatkan: Kiat-kiat Sukses Menempuh Pendidikan di Perguruan Tinggi)

Banyak faktor penentu seseorang sukses menghadapi UN, diantaranya perhatian orangtua (orang tua memperhatikan anaknya (kesehatannya, waktu belajar dan mainnya, memberikan semangat motivasi pada anaknya, dan lain-lain), peran guru dan sekolah (memberikan jam tambahan, memberikan latihan-latihan agar siswa terbiasa), dan tanggung jawab dari pribadi siswa itu sendiri (apakah ia disiplin, pandai mengatur waktu kapan harus belajar dan bermain).



 Tips Sukses Menghadapi Ujian Nasional

Lalu apa saja yang harus dipersiapkan dalam menghadapi ujian nasional agar bisa lulus UN (Ujian nasional) ?


Berikut Tips Sukses Menghadapi Ujian Nasional.

1. Mulai Membaca atau Mengulang Materi SEKARANG
Untuk bisa sukses UN lulus dengan nilai memuaskan tentunya tidak akan di dapat apabila tanpa usaha keras dan pengorbanan. Anda harus berusaha keras dengan mulai mengorbankan sebagian waktu anda untuk banyak membaca buku dibandingkan dengan bermain. Mulailah membaca dan mengulang materi sekarang juga (jauh-jauh hari sebelum UN), tidak menunda-nunda.

2. Mulai aktif bertanya kepada guru

Dengan banyak membaca tentunya anda akan menemukan beberapa materi yang sekiranya di angga sulit. Oleh karena itu catat, kemudian tanyakan kepada guru atau teman. Berdiskusilah untuk memecahkan materi yang sulit.

3. Banyak Berlatih Mengerjakan Soal

Selain banyak membaca dan aktif bertanya, anda pun harus banyak berlatih mengerjakan soal. Hal ini akan membuat anda mulai terbiasa mengerjakan soal, dan semakin banyak jenis-jenis tipe soal yang tidak terasa anda kuasai.

4. Konsisten 

Buatlah jadwal belajar agar anda konsisten. Yang perlu ditekankan disini adalah rutinitas anda belajar. Bukan kuantitas setiap anda belajar, akan tetapi konsistensi anda untuk belajar. Belajarlah sedikit-sedikit, mempelajari materi sedikit-sedikit namun sering. Hal ini akan membuat otak tidak cepat lelah, tidak cepat bosan dan jenuh.

5. Pilih Teman

Pilihlah teman yang membuat anda semakin semangat untuk belajar dan lebih fokus untuk menghadapi UN bukan teman yang justru terus-menerus mengajak anda untuk bermain sehingga anda tidak fokus menghadapi UN. Memilih teman yang tepat berpengaruh penting untuk bisa sukses menghadapi UN.

6. Jaga Kesehatan

Jagalah kesehatan anda dengan baik. Untuk sukses UN bukan hanya dengan belajar saja, namun badan serta pikiran anda harus selalu fresh dan sehat. Tetaplah semangat belajar, tetap jaga pula kesehatan anda. 
Seimbangkanlah antara waktu belajar, waktu bermain dan waktu istirahat.

7. Berdoa

Selain berusaha, jangan lupa untuk terus berdoa agar anda dimudahkan dan dilancarkan dalam menghadapi UN. Selain itu mintalah doa restu kepada kedua orangtua anda agar sukses UN dan lulus dengan hasil yang memuaskan.

Saat Melaksanakan Ujian Nasional

1. Berdoa terlebih dahulu
2. Tenangkan hati dan pikiran
3. Mulailah dengan mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu
4. Kerjakan tenang dan penuh ketelitian
5. Cek kembali identitas anda sebelum lembar jawaban di serahkan kepada pengawas.

Nah itulah Tips Sukses Menghadapi Ujian Nasional. Semoga anda lulus dengan hasil yang memuaskan. Aamiin *^_^*


Tag : Inspirasi
4 Komentar untuk "Tips Sukses Menghadapi Ujian Nasional"

saya jadi ingat betapa mendebarkannya detik-detik menjelang UAN

benar mas saya pun dulu begitu. sehari menjelang UAN dan menunggu pengumunan. Woow dag dig dug mas

sebab saya gak ada belajar sama sekali haha

hahaha sekolah saya tahun ini pakai komputer, setelah selesai ujian, tekan ENTER dan nilai langsung keluar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top