Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan - Bawang putih atau dikenal dengan nama latin Allium Sativum selain biasa digunakan sebagai penyedap atau bumbu masakan, ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Bawang putih akan lebih efektif dan memiliki khasiat yang optimal apabila anda mengkonsumsinya masih dalam keadaan mentah, masih segar dan berwarna putih. Oleh karena itu sebelum mengkonsumsinya pilihlah beberapa siung bawang putih yang masih segar. 


Bawang putih kaya akan manfaat bagi kesehatan dikarenakan bawang putih memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya diantaranya vitamin C, kalium, kalsium, fosfor, seng, dan mangan.



Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

1. Antioksidan
manfaat mengkonsumsi bawang putih bagi kesehatan salah satunya adalah sebagai zat antioksidan. Antioksidan ini berperan penting untuk melindungi tubuh dari radikal bebas berbahaya. Dengan mengkonsumsi bawang putih, dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, sehingga resiko terkena kanker dapat dikurangi.

2. Menurunkan Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Dengan rutin mengkonsumsi beberapa siung bawang putih juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi.
Jangan lewatkan: Cara Menurunkan Tekanan darah Tinggi atau Hipertensi

3. Mengobati Penyakit Kurap

Selain dapat menurunkan tekanan darah tinggi, bawang putih juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit kurap. Baca selengkapnya di:  Cara Menghilangkan Penyakit Kurap Secara Alami 

4. Mengobati Batuk dan Pilek

Bawang putih kaya akan sumber vitamin C sehingga dapat bermanfaat untuk mengobati sakit pilek dan batuk. (Baca juga: Cara Mengobati Sakit Pilek). 

5. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Rutin mengkonsumsi bawang putih juga dapat membuat tubuh lebih kuat dan lebih kebal dari serangan penyakit. Bawang putih dapat meningkatkan produksi sel darah putih dan enzim interferon yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

6. Menyembuhkan Diabetes

Diabetes merupakan penyakit berbahaya yang disebabkan karena kekurangan hormon insulin sehingga tidak ada yang mengatur kadar gula darah. Dengan rutin mengkonsumsi bawang putih dapat meningkatkan tingkat sekresi insulin, sehingga dapat membantu mengatur kadar gula darah penderita diabetes.
(Artikel terkait: Cara Mengobati Diabetes Secara Alami)

Penting !!!

EFEK SAMPING
  • Mengkonsumsi mentah bawang putih dengan cara dikunyah dapat menimbulkan rasa terbakar di mulut. Karena saat bawang putih di kunyah atau dihancurkan bawang putih mengeluarkan senyawa kimia allicin. Untuk menghindari hal ini, anda dapat mengiris beberapa siung bawang putih kecil-kecil (2-3 siung). Kemudian mencampurkannya pada nasi atau anda bisa langsung menelannya dengan bantuan air.
  • Hindari Mengkonsumsi bawang putih apabila anda alergi dengan bawang putih
  • Mengkonsumsi bawang putih dalam jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan bau keringat yang mengengat dengan aroma khas bawang putih. Oleh karena itu, konsumsilah bawang putih dalam jumlah yang sewajarnya saja dan dalam jangka waktu tertentu.
^^Nah itulah informasi mengenai Manfaat bawang Putih Bagi Kesehatan. Semoga Bermanfaat *^_^*
Tag : Kesehatan
1 Komentar untuk "Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan"

bau keringatnya nih mas yang bikain gak nyantai

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top