Ini Dia Kebiasaan yang Dapat Menyebabkan Insomnia

Kebiasaan Ini Dapat Menyebabkan Insomnia - Setelah pada artikel sebelumnya di bahas mengenai Makanan dan Minuman yang dapat menyebabkan Insomnia. pada kesempatan kali ini Geeniuss akan berbagi informasi mengenai kebiasaan yang dapat membuat seseorang insomnia atau susah tidur.

Ternyata bukan hanya makanan dan minuman yang di konsumsi yang dapat membuat seseorang insomnia. Kebiasaan berikut ini juga dapat menyebabkan insomnia. Apa sajakah kebiasaan-kebiasaan tersebut?

 Kebiasaan ini dapat menyebabkan insomnia
 Kebiasaan ini dapat menyebabkan insomnia
Berikut kebiasaan yang dapat menyebabkan insomnia.
1. Asyik Menggunakan Jejaring Sosial
Sekarang ini begitu banyaknya jenis jejaring sosial. Mulai dari Facebook, twitter, path, bbm, Line, dan masih banyak lagi jejaring sosial lainnya. Hampir kebanyakan orang menghabiskan waktu berjam-jam asyik menggunakan jejaring sosial hingga lupa makan dan tak terasa hingga larut malam. 

Jika kebiasaan ini sering dilakukan tentu akan berdampak kurang baik untuk kesehatan anda. Maka, hal yang sebaiknya anda lakukan adalah membuat jadwal kapan anda membuka dan memberi batasan waktu berapa lama anda menggunakan sosial media.

2. Asyik Bermain game
Bukan hanya jejaring sosial yang dapat membuat orang "kesengsem" tetapi tak jarang juga orang yang lupa waktu, lupa makan, lupa tidur gara-gara asyik bermain game. 

3. Asyik Menonton TV
Terlalu asyik menonton TV sebelum tidur juga kadang membuat seseorang lupa akan waktu tidur. Tak terasa waktu sudah larut karena terlaluy asyik menonton acara-acara tayangan televisi. Biasanya orang menunda waktu tidur "ah sebentar lagi, acaranya masih seru, ah sebentar lagi beres acaranya, eh tau tau sudah menunjukan pukul 01.00 dini hari". Terlalu asyik menonton televisi dapat mempengaruhi kualitas tidur anda bila tidak dibatasi waktunya.

4. Asyik Membaca Buku
Sebagian orang mudah mengantuk ketika membaca buku. Namun ketika buku yang dibaca isinya menarik dan membuat penasaran, biasanya kita cenderung ingin menyelesaikan membacanya terlebih dahulu, karena bila sudah dipending tidak akan asyik lagi ceritanya. Terlalu asyik membaca buku juga dapat berpengaruh pada kualitas tidur seseorang. Oleh karena itu sebaiknya buat jadwal dan berikan batasan waktu untuk membaca.

5. Asyik Berkumpul, Bercengkrama, dan Bersenda gurau bersama kawan
Berkumpul bersama teman-teman merupakan aktivitas yang tidak pernah membosankan. Namun jangan sampai lupa waktu ya. Karena keasyikan ngobrol hingga larut malam juga dapat mempengaruhi kualitas tidur dan membuat insomnia. 

6. Asyik Menggunakan Handphone
Terlalu asyik bermain handphone juga bisa membuat seseorang lupa waktu. Asyik smsan, telponan, pas liat waktu ternyata sudah larut malam. Oleh karena itu, sebaiknya bila sudah memasuki jam tidur lebih baik matikan gadget anda agar tidur anda nyaman dan tidak terganggu karena adanya pesan atau telpon yang masuk.

Penting!!!
Segala sesuatu itu kurang baik dilakukan. Apabila dilakukan secara berlebihan. Bermain game, membaca buku, berkumpul bersama teman merupakan aktifitas yang menyenangkan dan membuat pikiran menjadi lebih fresh namun ingat harus ada batasannya.

^^Nah itulah Kebiasaan yang Dapat Menyebabkan Insomnia. Tidur yang berkualitas dapat membuat hidup anda lebih berkualitas dan hari-hari anda semakin indah dijalani. Semoga bermanfaat.*^_^*

Tag : Lifestyle
1 Komentar untuk "Ini Dia Kebiasaan yang Dapat Menyebabkan Insomnia"

kebiasaan main game yang bikin saya insomnia jadi lupa waktu hha

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top