Jangan Ngaku Orang Betawi kalau Tidak Pakai Batu Akik Pandan!

Batu akik masih ngetrend hingga sekarang. Nampaknya trend batu akik masih tetap melejit hingga para kolektor batu terus menerus mencari jenis batu yang menurutnya indah.

Di Indonesia sendiri tersebar macam-macam batu akik dan hampir setiap daerah memiliki jenis batu akik dan nama batu tersendiri.

Jika di pulau Halmahera maluku Utara terdapat batu bacan, di Martapura kalimantan banyak ditemukan batu kecubung, di kabupaten Purbalingga banyak juga ditemukan batu akik para penduduk menyebutnya batu jasper atau batu klawing. nah betawi juga memiliki batu akik khas betawi. nama batu akik khas betawi adalah Batu akik Pandan.

Bukan orang betawi kalau tidak pakai batu pandan. Itulah tuturan orang betawi karena cintanya dengan batu akik pandan. Batu akik pandan merupakan batu akik khas betawi. pada zaman dahulu, batu akik pandan biasa dikenakan oleh para jawara betawi.

Batu akik pandan sendiri beranekaragam jenisnya. Ada jenis batu akik pandan nanas, batu akik pandan kapas, pandan nanas merah, batu akik pandan oli, dan batu akik pandan sutra. Setiap jenis batu akik pandan memiliki karakeristik sendiri mulai dari warnanya yang khas dan hingga bentuknya yang unik.

Batu Akik Pandan Betawi.jpg
Batu Akik Pandan Betawi.jpg

Karakteristik batu akik pandan di bedakan karena adanya perbedaan antara jenis serat dan sisik pada batu akik pandan.
1. Jenis Serat Batu Akik Pandan Benang
Jenis batu akik pandan benang, terlihat dari serat batu akiknya yang seratnya menyerupai benang. Jenis batu akik pandan dengan serat benang memiliki jenis-jenis tersendiri juga. Jenis Batu akik pandan dengan serat diantaranya batu akik pandan dengan serat sutera, batu akik pandan dengan serat jarum es, hingga batu akik pandan dengan serat capung.

2. Jenis Serat Batu Akik Pandan Sisik
Jenis batu akik pandan sisik terlihat dari seratnya yang terlihat seperti sisik. Jenis batu akik pandan dengan serat sisik diantaranya ada batu akik pandan sisik betrik, batu akik pandan sisik awan, batu akik pandan sisik salju, batu akik pandan sisik kapas, batu akik pandan sisik betok, dan batu akik pandan dengan serat sisik melik.

3. Jenis serat batu Akik pandan kabut
nah jenis serat batu akik pandan yang terakhir adalah jenis serat batu akik pandan kabut. Dinamakan batu akik pandan kabut memang terlihat dari jenis seratnya yang terlihat menyerupai kabut atau asap.
(Baca juga: Macam Batu Akik Yang Masih Jadi Trend di Masyarakat)
Nah itulah informasi mengenai Batu Akik Pandan khas Betawi. jangan ngaku orang Betawi kalau tidak memakai batu akik pandan. Semoga bermanfaat.
6 Komentar untuk "Jangan Ngaku Orang Betawi kalau Tidak Pakai Batu Akik Pandan!"

saya mah bukan penggemar akik nih mas.
jadi menyimak saja ya

Batunya cukup indah walaupun saya bukan penggemar batu bagaimana kalau yang hobi pasti ngebet pengin memiliki

hehee asal aktif mengikuti trend saja mas yanto, hehe. daripada gatau sama sekali :)
Terimakasih nih sudah bersedia berkunjung

Batu akik memang indah sekali mas Dwi, saya juga bukan kolektor cuma seneng kalo liat batu akik hehe

waw, mengagumkan dan luar biasa indahnya :D

Walaupun bukan penggemar batu akik tapi saya juga suka batu akaik, ternyata Betawi juga punya khas batu akik ya mas, indah juga batunya mas.

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top