Cara Mengatur Keuangan Dengan Baik

Mengelola atau mengatur keuangan memang hal yang susah-susah gampang dilakukan. Terkadang tanpa terasa uang gaji bulanan yang diterima tiba-tiba habis saja, tanpa tahu telah digunakan untuk keperluan apa. Nah untuk menghindari pengeluaran yang tidak terkontrol ada baiknya anda mencoba mengaplikasikan Cara Mengatur Keuangan Dengan Baik versi Geeniuss untuk menghindari terjadinya Lebih Besar pasak daripada tiang atau lebih besar pengeluaran daripada penghasilan.

Cara Mengatur Keuangan dengan baik.jpg

Ini dia, cara Mengatur Keuangan dengan Baik.
1. Catat Pengeluaran Bulanan
Untuk mengetahui pengeluaran anda, cobalah untuk membuat catatan pengeluaran bulanan. Catat apa saja yang sudah anda beli. Anda bisa mencatatnya di buku atau dengan menggunakan office Excel untuk meudahkan anda. Dengan mencatat pengeluaran bulanan, yang sudah geeniuss lakukan, hal ini membantu untuk mengatur pengeluaran bulanan.

2. Mengutamakan Kebutuhan daripada keinginan
Belilah apapun itu karena anda butuh bukan karena ingin. Ketika anda akn membeli coba renungkan, pikirkan baik-baik "apakah saya benar-benar membutuhkan ini? ataukah karena hanya karena keinginan saja" nah cobalah pikirkan baik-baik. Jika memang anda benar-=benar membutuhkannya sehingga harus membelinya barulah anda membelinya. Cara ini membantu anda menghindari sifat konsumerisme.

3. Hemat Pangkal Kaya
Jadi orang jangan kau suka boros, kalau boros digigit kambing ompong. :D
jadilah orang yang hemat, simpanlah sedikit uang hasil gajian anda. Bila sehari anda punya budget 50.000 cobalah simpan 10.000 saja di dalam celengan. Bisa dibayangkan bila anda menabung sehari 10.000 berapa banyak uang tabungan anda selama satu tahun? Nah coba untuk membiasakan menabung yah!

4. Hindari tempat-tempat yang sekiranya akan mengeluarkan uang banyak
Nah ini juga perlu anda hindari, admin sendiri biasanya menghindari tempat-tempat seperti minimarket ataupun tempat belanjaan lainnya. Atau setidaknya mengurangi intensitas mengunjungi tempat seperti itu. Apapun biasanya suka ingin dibeli kalau sudah masuk tempat belanjaan atau minimarket.

5. Simpan uang sekecil apapun
Simpanlah uang kembalian sekecil apapun, masukan kedalam celenganmu. Karena uang yang kecil-kecil itulah yang tak terasa habisnya.

6. Buat daftar barang yang akan dibeli
Buatlah daftar atau rencana barang yang akan anda beli, misalnya pada bulan ini anda fokus mengumpulkan uang untuk membeli sepatu. Jika sudah membeli, cukupkan terlebih dahulu. Jangan belanjakan uang anda lagi. Jika ada keperluan lain, silahkan masukan kedalam daftar barang di bulan berikutnya. Hal ini bisa anda lakukan untuk mengelola uang bulanan anda.

Nah itulah Cara Mengatur Keuangan Dengan Baik. Semoga bermanfaat ya *^-^*

Tag : Menarik
3 Komentar untuk "Cara Mengatur Keuangan Dengan Baik"

Tipsnya boleh juga mas....soal uang memang tidak pernah ada habisnya apalagi kalau punya uang banyak pasti seru....kuncinya disiplin aja dalam kelola uang.

Makasih atas sharingnya

nomor 2 agak susah eh mas hehe sering terjadi pertempuran hati memikirkannya

kadang untuk menabung itu perlu bantuan istri mas, sebab kalau saya nabung dan mengatur keuangan, susah menej nya :D

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top