Apakah Benar Sayuran Mentah Lebih Menyehatkan Bila di Konsumsi?

Banyak orang berpikiran bahwa mengkonsumsi sayuran mentah lebih menyehatkan bila dibandingkan dengan mengkonsumsi sayuran yang telah dimasak. Apakah anda juga berpikir demikian?

Apakah benar sayuran mentah lebih menyehatkan bila dikonsumsi? Menurut ahli gizi tidak semua jenis sayuran akan lebih menyehatkan dan kaya akan nutrisi ketika di konsumsi dalam keadaan mentah. Karena justru ada beberapa sayuran yang lebih menyehatkan dan lebih banyak kandungan nutrisinya ketika dikonsumsi setelah di masak terlebih dahulu.

Beberapa sayuran yang lebih menyehatkan setelah dimasak diantaranya adalah tomat, bayam, wortel dan jamur.
Sayuran itu lebih baik mentah atau matang.jpg
Sayuran itu lebih baik mentah atau matang.jpg

Mel wakeman seorang ahli gizi mengungkapkan bahwa "Tomat yang sudah dimasak kandungan likopen yang terdapat di dalamnya akan meningkat". Likopen bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat melindungi tubuh terkena resiko kanker prostat. Bayam yang dimasak kaya akan kandungan kalsium dan zat besi.

Sedangkan wortel, wortel apabila dimasak kaya akan kandungan karotenoid di dalamnya. Menurut Mel Wakemen karotenoid yang terdapat pada wortel berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan bermanfaat untuk melindungi tubuh dari serangan sel kanker dan dapat menyehatkan jantung.

Wakemen menjelaskan memanaskan sayuran akan membantu melepaskan mineral yang mengikat agar mudah diserap tubuh. Namun Wakemen menyarankan agar tidak terlalu memanaskan atau memasak sayuran terlalu lama.

Rui Hai Liu, seorang profesor Departemen ilmu makanan juga mengungkapkan hal yang sama "banyak orang beranggapan, makanan yang dimasak memiliki kandungan nilai gizi yang rendah apabila dibandingkan dengan produk segar, namun hal itu tidaklah selalu benar".


1 Komentar untuk "Apakah Benar Sayuran Mentah Lebih Menyehatkan Bila di Konsumsi?"

yang tidak boleh dilewatkan mentah atau matang yaitu kebersihannya :)

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top