Apa Itu Begal? Bagaimana Cara Menghindari Begal?

Apa Itu Begal? Maraknya kasus begal yang terjadi pada minggu-minggu ini memang cukup meresahkan apalagi kita yang biasa pergi-pergi naik kendaraan bermotor sendiri.

Lantas apakah anda sudah mengetahui begal itu apa sih? Lalu bagaimana menghindarinya? 



Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) 
  • begal /be·gal/ /b├ęgal/ n penyamun;
  • membegal /mem·be·gal/ v merampas di jalan; menyamun;
  • pembegalan /pem·be·gal·an/ n proses, cara, perbuatan membegal; perampasan di jalan; penyamunan: - sering terjadi sehingga penduduk di daerah itu tidak berani memakai perhiasan kalau bepergian 
Nah itulah pengertian begal menurut KBBI. Jadi begal itu dapat diartikan sebagai  perampasan di jalan, perampokan, jambret.


Apa itu begal dan Bagaimana Menghindari Begal
Apa itu begal dan Bagaimana Menghindari Begal

Dengan maraknya kasus begal pada akhir-akhir ini, tentunya akan membuat kita khawatir dan takut untuk berpergian apalagi seorang diri.


Lalu bagaimana cara untuk menghindari begal? Berikut tips-tips  untuk menghindari begal.


1. Menghindari Rute Jalan Sepi

Rute jalan yang sepi biasanya menjadi sasaran empuk bagi mereka. Karena mereka biasanya beroperasi di jalan-jalan yang sepi. Jadi untuk menghindari begal hindari lah rute jalan yang sepi.

2. Hindari Pulang Malam atau Keluar Malam Hari

Apabila anda sering berpergian hindarilah pulang terlalu larut malam (lebih dari pukul 22.00). Para begal biasanya beroperasi pada malam hari/dini hari karena pada waktu-waktu ini jalan sudah mulai sepi. Jadi selain menghindari rute jalan yang sepi, hindari pula pulang terlalu larut malam agar terhindar dari pembegalan. Atau jika anda berpergian dan pulang terlalu larut lebih baik menginap saja di tempat teman anda dan jangan lupa beri kabar keluarga di rumah.

3. Usahakan tidak Berpergian Sendiri

Jika anda bisa mengajak teman anda saat akan berpergian, ajaklah mereka untuk menemani anda.

4. Hindari Mengenakan Pakaian atau Perhiasan Berlebihan

Jika anda berpergian keluar rumah, hindarilah mengenakan perhiasan yang berlebihan. Karena hal ini dapat menjadikan anda pusat perhatian dan bisa menjadi sasaran pembegalan. Cobalah untuk mengenakan sesuatu yang sewajarnya saja.

5. Kenali dan Ingat Ciri-Ciri Pelaku

Jika melihat atau terkena begal cobalah untuk mengenali dan mengingat ciri-ciri pelaku dan segerala lapor kepada polisi terdekat.

^^Nah itulah informasi mengenai Apa itu Begal dan Cara Mengindarinya. Semoga kita selalu diberikan keselamatan dan dijauhkan dari segala bahaya. Amin

Semoga Bermanfaat *^_*

Tag : Lainnya
2 Komentar untuk "Apa Itu Begal? Bagaimana Cara Menghindari Begal?"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top