Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi - Tekanan darah tinggi bukanlah masalah yang bisa di anggap remeh. Berbagai penyakit bisa ditimbulkan akibat tekanan darah tinggi misalnya seperti stroke, serangan jantung, keropos tulang karena kalsium banyak terbuang melalui urine dan penyakit ginjal kronik.


 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi
 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi
Berikut faktor penyebab tekanan darah tinggi

1. Faktor Keturunan

Tekanan darah tinggi bisa disebabkan karena faktor keturunan. Jadi, ketika kedua orangtua anda memiliki tekanan darah tinggi anda pun beresiko mengalami masalah tekanan darah tinggi.

2. Usia

Ketika kita semakin bertambah tua, elastisitas pembukuh darah pun semakin berkurang sehingga cenderung mengalami penyempitan pembuluh darah. Akibatnya resiko mengalami tekanan darah tinggi meningkat 

3. Kurang gerak atau olahraga

Orang yang kurang gerak atau jarang olahraga beresiko mengalami tekanan darah tinggi lebih dibanding dengan orang yang rutin berolahraga. Orang yang jarang berolahraga cenderung mengalami penyumbatan pembuluh darah sehingga hal ini dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

4. Pola Makan

Kalau anda biasa mengkonsumsi makanan yang berkalori tinggi, gula, dan lemak sebaiknya anda menguranginya untuk mengurangi resiko terkena tekanan darah tinggi atau hipertensi. 

Nah berikut Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi


1. Rutin Berolahraga

Kurang gerak atau jarang berolahraga dapat mengakibatkan terjadinya penyempitan atau penyumbatan pada pembuluh darah sehingga menyebabkan tekanan darah tinggi. Nah untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya anda rutin berolahraga.

2. Menjaga Pola Makan

Pola makan yang buruk seperti terlalu banyak mengkonsumsi makanan berkalori tinggi, gula, dan lemak dapat meningkatkan resiko tekanan darah tinggi. Nah untuk menurunkan tekanan darah anda mulailah untuk menguranginya. Dan mulailah menanamkan pola hidup sehat dengan cara memilah-milah asupan makanan dan rutin berolahraga.

3. Menghindari Stress

Stress merupakan hal yang akan di alami seseorang ketika mendapat masalah atau karena pekerjaan yang menumpuk. Nah untuk menurunkan tekanan darah tinggi anda harus mengelola stress anda. Cobalah untuk tetap tenang ketika dihadapi pada masalah dan mulai menyelesaikannya satu persatu.

4. Mengkonsumsi Wortel

Wortel bisa anda konsumsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selengkapnya di Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Tubuh

5. Mengkonsumsi Mentimun

Selain wortel anda juga dapat mengkonsumsi mentimun untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kadar mineral potassium berfungsi untuk mengurangi tekanan darah tinggi.

6. Bawang Putih

Bawang putih selain digunakan sebagai penyedap/bumbu masak ternyata berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Cobalah untuk rutin mengkonsumsi bawang putih jika anda mengalami masalah dengan tekanan darah tinggi. (Lihat juga: Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan)

7. Sayuran Hijau

Mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Bayam merupakan sayuran yang rendah kalori, memiliki kandungan serat tinggi, dan kaya akan nutrisi sehat seperti potassium, folat dan magnesium yang berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Nah itulah beberapa Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi. Semoga bermanfaat *^_^*
Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top