Inilah Bahaya Begadang Bagi Kesehatan

Inilah Bahaya Begadang Bagi Kesehatan - Begadang adalah kebiasaan seseorang tidur terlalu larut malam, melakukan aktivitas pada malam hari, terjaganya seseorang pada malam hari atau bahkan tidak tidur sepanjang malam. Itulah beberapa pengertian begadang.

Biasanya seseorang begadang karena mengerjakan tugas deadline, terlalu asyik nonton televisi atau film, asyik berkumpul dan mengobrol bersama teman dan mungkin banyak lagi hal lainnya yang membuat anda begadang.

Begadang merupakan kebiasaan buruk yang sebaiknya anda hindari apabila anda ingin memiliki stamina yang baik dan tubuh yang bugar.


Bahaya begadang bagi kesehatan
Ilustrasi begadang nonton bola
Bang haji Rhoma Irama bilang dalam penggalan lirik lagunya " Begadang jangan begadang..... kalau tiada artinya....., Begadang Boleh sajaaa.aaa...... kalau ada perlunya..."

Berikut bahaya begadang bagi kesehatan.
1. Malas bangun Pagi
Begadang akan membuat anda malas bangun pagi. Mengapa? Dengan begadang atau tidur larut malam, waktu tidur atau istirahat anda berkurang sehingga anda pun merasa tidak cukup tidur. Hal ini akan membuat anda menjadi malas bangun pagi atau bahkan yang lebih bahaya bisa saja anda menjadi terlambat kerja atau sekolah karena telat bangun.

2. Konsentrasi Kerja Menurun
Anda yang sedang bekerja atau sekolah sebaiknya hindari begadang. Mengapa? Begadang akan membuat konsentrasi anda menurun. Tidur larut malam akan membuat anda merasa pusing, terus merasa kantuk berat dan selalu menguap. hal ini tentunya akan mengganggu konsentrasi serta fokus anda dalam bekerja.

3. Menurunkan Daya Ingat
Tidur cukup pada malam hari akan membuat otak anda fresh dan siap kembali digunakan saat bangun tidur. Dan kekurangan tidur akan membuat anda lelah sehingga daya ingat otak pun berkurang.

4. Mudah Stress dan Depresi
Berdasarkan hasil penelitian orang yang memiliki kebiasaan begadang cenderung memiliki kontrol emosional yang kurang baik. Sehingga orang yang memiliki kebiasaan begadang (tidur kurang dari 5 jam per hari) akan lebih mudah stress, emosional (mudah marah) dan kelelahan mental serta gejala depresi.

5. Mudah sakit
Begadang akan membuat waktu istirahat anda berkurang hal ini tentunya berdampak pada daya tahan tubuh anda yang menurun. Saat kondisi tubuh lemah anda pun akan lebih mudah terserang penyakit.

6. Penampilan Fisik Menjadi Kurang Menarik
Begadang membuat mata mudah lelah dan merah, dan kebiasaan begadang akan membuat kantung mata, garis-garis halus di bawah mata dan lingkaran hitam di bawah mata. Tentunya hal ini akan membuat penampilan anda menjadi kurang menarik.

7. Program Diet Gagal bahkan Obesitas
Apabila anda berpikir dengan begadang akan membuat diet anda berhasil itu merupakan pola pikir yang salah, karena justru saat orang begadang akan merasa lapar dan ingin terus menyantap makanan. Jika kebiasaan ini sering anda lakukan bisa saja dalam jangka waktu yang lama anda mengalami masalah obesitas (kegemukan).

Itulah bahaya Begadang Bagi Kesehatan. Tubuh itu bukanlah robot yang dapat terus bekerja siang dan malam. Pada siang hari anda telah beraktifitas yang banyak menguras stamina serta pikiran anda. Dengan tidur cukup pada malam hari, akan membuat stamina anda pulih kembali, badan dan pikiran pun akan fresh kembali sehingga anda bisa kembali beraktifitas dengan penuh semangat.

Semoga setelah membaca informasi  tentang bahaya begadang ini, anda menghindari kebiasaan buruk begadang pada malam hari.
2 Komentar untuk "Inilah Bahaya Begadang Bagi Kesehatan"

saya sering begadang mas tapi kalau ada bola saja itupun saat weekend,, hehehe

Asal ngga jadi kebiasaan aja mas dan ngga terlalu sering :) karena bahayanya seperti yang sudah disebut di atas :)

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top