Cara Menjaga Pola Makan Penderita Diabetes

Cara menjaga pola makan penderita diabetes - Orang yang sudah mengalami gejala diabet, sangat penting untuknya menjaga asupan makanan pada dirinya. Karena, jika salah-salah dalam memberi asupan makanan pada penderita ini, maka akan membuat gula darah, dan kolesterol nya naik.

Ketika gula darah dan kolesterol pada penderita ini naik dan terus naik, minyak pada masakan yang dikonsumsi akan mengendap pada pipa pengantar darah, jika minyak tersebut megendap dalam jumlah yang banyak, hal tersebut akan mengakibatkan pipa pengantar darah menjadi tersumbat dan akhirnya meledak atau pecah. 


Pecahnya pipa pengantar darah inilah yang akan mengakibatkan seseorang mengalami penyakit struk. Tentu kita tidak menginginkan hal itu terjadi pada orang yang kita sayang kan? Maka dari itu, ita selaku orang yang dekat dengan penderita diabet harus melakukan perawatan yang intens pada pola makan serta olahraganya.


Biasanya untuk mengetahui naik atau tidaknya kolesterol atau gula darahnya, penderita diabet akan diminta untuk cek darah. Cek darah normal dilakukan pada tiap bulan. Hasil dari pencekan gula darah itulah yang akan menentukan asupan makanan apa saja yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabet. 


Penentuan makanan apa saja yang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes biasanya dilakukan oleh ahli gizi. 



Gambar diambil dari www.playgroundmag.net

Pada penjagaan pola makan penderita diabet ini, memiliki hasil lab :



  1. Gula darah diatas 200
  2. Kolesterol diatas 300
  3. Asam urat diatas 200

Setelah konsultasi pada ahli gizi, makanan yang dianjurkan dimakan pada penderita diabet:

Pagi :


1. Jam 05.30/06.00 (sarapan dengan nasi tim/ nasi lembek dengan ukuran satu sendok nasi, teman nasinya dengan ikan atau telur yang digoreng atau yang dipepes, namun jika ingin digoreng, gunakan minyak yang rendah kalori) sebelum sarapan, berikan obat yang dianjurkan oleh dokter diminum sebelum makan.

2. Jam 08.30/09.00 (mengkonsumsi sayur satu mangkok, sayur yang disarankan adalah sayur lobak, bonteng, dan wortel saja)
3. Jam 10.00 (makan pepaya, pepaya yang disajikan harus sesuai ukuran. Ukuran yang tersaji sangat mudah jika meggunakan pepaya yang sedang, tidak terlalu besar, untuk satu pepaya bisa dikonsumsi empat kali)
4. Jam 11.30/12.00 (makan siang, dengan menu yang serupa dengan sarapan pagi)

Siang :


1. Jam 13.00 (sayur satu mangkok)\

2. Jam 14.00 (pepaya)
3. Jam 16.00 (mengkonsumsi marie, marie yang digunakan sebaiknya tidak mengandung gula. Biasanya digunakan marie dari kongguan)
4. Jam 17.30 (makan sore dengan menu yang sama pada makan siang atau sarapan pagi)

Malam :


1. Jam 20.00 (mengkonsumsi sayur 1 mangkok)

2. Jam 21.00 (minum susu diabetasol 2 sedok dengan airnya setengah gelas. 

Bagi yang senang kopi,  cari diabetasol dengan rasa moccacino. Meski rasa moccacino, tapi tidak ada unsur kopinya kok, ini hanya aroma saja agar penderita tidak terlalu kangen dengan kopinya). 


Penderita diabet sangat tidak diperbolehkan merokok, memakan makanan yang manis-manis, yang asam, yang pedas dan makanan yang terlalu banyak minyak. Sangat dianjurkan makan  makanan yang hijau-hijau, namun jika ada asam uratnya, usahakan sayuran hijau tidak dikonsumsi, dan tidak memakan jagung.


Untuk sementara, itu saja hal yang saya ketahui mengenai Pola Makan Penderita Diabetes, untuk lebih jelasnya kita bisa kosultasikan lebih lanjut pada para ahli khusus yang dapat menanganinya, semoga ikhtiar yang kita lakukan, akan membuat orang yang kita sayangi sehat. Amin


Tag : Kesehatan
4 Komentar untuk "Cara Menjaga Pola Makan Penderita Diabetes"

Menurut cerita keluarga penderita diabetes pola makan penderita diabetes memang sangat sulit untukdikintrolnya, banyak cara dan trik yang dilakukan penderita untuk tidak menjaga pola makannya.
sip kang tips menjaga pola makannya..jadi ilmu nih euy

wah kudu memang harus disiplin ya mas, kalau ndak sulit rasanya menjalankan tips di atas :D

Siipp kang. Semoga bermanfaat.. Terimakasih kunjungannya :)

Bener pak emang susah. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Jadi sebelum terkena diabetes mari menjaga pola makan agar tetap sehat. :)

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top