Cara Menggosok Gigi Yang Benar

Ciamik | Cara Menggosok Gigi Yang Benar - Tidak dapat dipungkiri, gigi yang bersih merupakan idaman semua orang baik pria maupun wanita. Pasalnya, gigi yang indah nan bersih akan membuat seseorang dapat memberikan senyuman terindahnya tanpa rasa malu.

Gigi yang bersih juga menunjukan bahwa anda mencintai keindahan dan kebersihan. Salah satu cara Untuk membuat gigi putih bersih bersinar terhindar dari karang gigi, atau gigi menguning adalah dengan rutin menggosok gigi. 


Namun sudahkah anda menggosok gigi anda dengan benar? Tahukah anda bagaimana cara menggosok gigi yang benar itu? Mengapa harus menggosok gigi dengan benar?


Berikut penjelasan Cara Menggosok Gigi yang Benar.

Sebelum di bahas cara menggosok gigi yang benar, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu ketahui, diantaranya:

1. Pilihlah Sikat Gigi yang Bulu sikatnya halus
Nah sebelum kamu menggosok gigi, perhatikan terlebih dahulu sikat gigi yang kamu gunakan. Hindari penggunaan sikat gigi yang bulu sikatnya kasar. Jika kamu berpikiran dengan sikat gigi yang berbulu kasar dapat membersihkan gigi lebih optimal, itu adalah sebuah kesalahan. 

Karena ternyata sikat gigi yang bulu sikatnya kasar dapat melukai gusi anda. Maka dari itu, pilihlah sikat gigi yang bulu sikatnya tidak kasar dan tidak terlalu halus. (yang sedang sedang saja).


2. Pilihlah sikat yang berbatang lurus atau tidak terlalu melengkung

Batang sikat gigi ini perlu kamu perhatikan juga. Ketika saya mengikuti pelatihan PMR waktu SMA dulu. Dokter gigi yang menjadi narasumber menyarankan demikian. Mengapa harus memilih batang sikat gigi yang lurus? menurut beliau, sikat gigi yang berbatang lurus lebih mudah menjangkau untuk membersihkan gigi hingga gigi bagian dalam karena terkadang gigi graham belakang sulit dibersihkan karena tidak terjangkau sikat.

3. Pilihlah Pasta Gigi yang Mengandung Fluriode

Selain 2 hal di atas, pasta gigi juga perlu anda perhatikan. Pilihlah pasta gigi yang memiliki kandungan fluriode di dalamnya. Kandungan Fluriode dalam pasta gigi berfungsi untuk melindungi gigi dari keropos dan mencegah gigi berlubang.

Nah itulah yang sebaiknya kamu ketahui sebelum menggosok gigi. Selanjutnya, bagaimana cara menggosok gigi yang benar?

1. Gosoklah gigi dengan lembut, pelan dan tidak terlalu kasar
Menggosok gigi dengan penuh kelembutan, pelan tapi mengena pada gigi. Hal ini mengurangi resiko luka pada gusi karena terlalu kasar dalam menggosok. Bukan gigi yang bersih tapi gusi perih karena terluka. 

2. Gerakan Sikat Gigi Ke Atas dan Kebawah untuk Gigi Seri bagian depan.

Lakukan dengan lembut dan pelan-pelan saja.

3. Lakukan juga menyikat gigi ke atas dan ke bawah untuk gigi bagian samping kanan dan kiri. 

Lakukan dengan pelan dan hati-hati, jangan terlalu cepat karena bisa melukai gusi.

4. Setelah menggosok gigi bagian luar, baru menggosok gigi bagian dalam (graham). Gosoklah gigi dengan pelan maju mundur menggnakan ujung sikat. Gosok dengan lembut dan lebih lama untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada gig agar tidak menyebabkan gigi berlubang.


5. Menggosok gigi tengah bagian dalam dengan cara menegakkan sikat gigi ke atas dan menggosokam dengan cara ke atas ke bawah dengan pelan dan hati-hati.


Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini!



Gambar di ambil dari kaskus

Nah itulah ulasan Cara Menggosok Gigi yang Benar. Gosoklah gigi anda setiap pagi sebelum beraktifitas dan malam sebelum tidur agar gigi putih bersih, sehat dan terhindar dari segala hal yang membuat kerusakan pada gigi. Semoga bermanfaat.

0 Komentar untuk "Cara Menggosok Gigi Yang Benar"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top