Cara Membuat Hal Menyebalkan Menjadi Menyenangkan

Cara Membuat Hal Menyebalkan Menjadi Menyenangkan - Banyak hal dan banyak alasan pula yang membuat kita mengartikan kata menyebalkan. Banyak orang yang mengartikan sebal itu sampai kepada kata : “ih, ko gitu sih.. sebel...!!”. namun, sebagian besar dari kita tidak memikirkan lebih dalam lagi, sebenarnya apa sih yang membuat kita sering mengeluarkan kata menyebalkan? 

Jika kita menggeluti lebih dalam lagi, makna dari kata menyebalkan. Sebenarnya, kata sebal itu muncul ketika kita mengalami rasa kecewa. Harapan yang tidak sesuai dengan kenyataan pada hakikatnya akan membuat seseorang merasa kesal dan bad mood terhadap sesuatu hal. Tapi, apakah setiap hal yang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan itu akan selalu berdampak menjalani hari yang buruk dan akan terjadi malapetaka jika tidak mengikuti apa yang kita kehendaki? Jelas tidak kan?



Cara Membuat Hal Menyebalkan Menjadi Menyenangkan

Cara yang dapat dilakukan untuk membuat hal menyebalkan menjadi menyenangkan adalah:

1. Berimajinasi jika kita hidup sendiri didunia ini
Sejenak coba kita bayangkan jika kita hidup sendirian di dunia ini? Atau bayangkan saja jika kita mempunyai harapan yang sama dengan anak kecil yang berperan dalam film “home alone”. 

Ada dalam salah satu anak dalam judul umum home alone, diceritakan bahwa anak dalam cerita itu selalu yang paling beda dalam satu keluarga, peran keluarga yang seharusnya menjadi teman hidup sejahtera dalam pertumbuhannya tidak berjalan seperti semestinya keluarga yang baik. 


Seiisi rumah terkadang selalu memojokkan berbedanya anak tersebut, yang pada akhirnya anak tersebut berharap ingin seluruh keluarganya menghilang dan ia hidup sendiri didalam rumah. 


Ternyata harapannya itu terkabul, keluarganya hilang. keluarganya pergi berlibur dan melupakan anak itu dalam perjalanan. Ketika tidak ada lagi orang yang melarang atau tidak ada lagi orang yang tidak sependapat dengan kita, ketika tidak ada lagi situasi menyebalkan yang biasanya kita alami. 


Sebenarnya kita sedang mengalami kepensiunan dalam pendidikan kehidupan, sehingga ketika kita mencari sesuatu yang selalu menyenangkan. 


Sesungguhnya kita merasa hampa dengan tidak adanya pendidikan kehidupan itu, maka dari itu sebelum segala sesuatunya terlambat, maknai setiap pembelajaran kehidupan dengan baik, maka kamu akan berhasil dalam menjalani kehidupan, jangan melihat segala sesuatu dari sisi negatifnya saja, karena ternyata masih banyak sisi positif yang akan membuat kehidupan kita jauh lebih baik lagi dikemudian harinya kelak.


2. Berimajinasi bahwa dengan toleransi yang kompeten akan membuahkan hasil yang tak terduga

Pendapat yang kita miliki bisa saja tidak selalu menjadi pendapat yang terbaik dan dipakai dalam setiap situasi dan kondisi, adakalanya pendapat kita tertolak. Dengan memikirkan baik buruknya dari pendapat-pendapat yang tersedia, dan menerima bahwa pendapat yang kita berikan masih memiliki kecacatan, akan membuat diri kita lebih bijak untuk bertoleransi kompeten terhadap suatu halnya.

3. Usahakan tersenyum dan mencari sisi positif dari hal yang menyebalkan itu Senyum akan membuat semua hal yang dirasa berat menjadi ringan


Pernahkah anda memperhatikan betapa mudahnya kita untuk menurunkan bibir kita menjadi cemberut ketibang dengan menaikkan bibir untuk tersenyum? 

Sebenarnya kita lebih banyak menggunakan otot ketika cemberut ketibang dengan tersenyum. Ketika cemberut, otot kita banyak bekerja untuk menarik otot-otot lainnya yang berada diatasnya. Sehingga, jika kebanyakan cemberut, wajah akan mengendur dan terasa berat, jika kita menghadapi masalah dengan cemberut, bertambahlah sudah beban kita. Maka dari itu usahakanlah senyum, dengan senyum kita akan merasa lebih rilex dan terbuka. 

4. Menggunakan konsep penjumlahan pada matematika bahwa :

  • Hal yang menyebalkan atau kurang menyenangkan (-), diberikan tanggapan yang (-) hasilnya akan (-) yang lebih parah dan mungkin fatalnya akan menambah masalah yang dihadapi
  • Hal yang menyebalkan atau kurang menyenangkan (-), diberikan tanggapan (+)yang lebih besar dari hal yang menyebalkan atau kurang menyenangkan (-), hasilnya akan (+). Hal yang positif (+) ini dapat berupa hikmah yang kita peroleh, atau kebaikan yang didapat dari tanggapan positif yang diterima. Karena sampai kapanpun, api tidak akan reda jika disirami dengan api lagi. namun, akan mereda jika disiram dengan air. Karena sampai kapanpun kita akan selalu berhadapan dengan orang yang bebeda, jika kita tidak dapat menjalin silaturahim yang baik dengan orang yang berbeda, akankah setiap orang akan kita jadikan sebagai musuh? Padahal rasul mengatakan bahwa setiap dari kita ini adalah bersaudara yang seharusnya hidup rukun, saling tolong menolong dan bersahaja. 
Nah itulah Cara Membuat Hal yang Menyebalkan Menjadi Menyenangkan. Semoga tips di atas bermanfaat. 

0 Komentar untuk "Cara Membuat Hal Menyebalkan Menjadi Menyenangkan"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top