Cara Berbicara di Depan Umum Agar Tidak Grogi

Cara Berbicara di Depan Umum Agar Tidak Grogi - Apakah anda sudah terbiasa berbicara di depan umum? ataukah anda belum terbiasa? apa yang anda rasakan ketika anda berbicara di depan umum? anda grogi, canggung, kehabisan akal, kadang bingung mengungkapkan kata? 

Berbicara di depan umum biasa terjadi apabila kita akan menjadi seorang pembicara, misalnya saat menjadi khotib, guru mengajar di depan kelas, mengisi ceramah atau bahkan apabila anda seorang pelajar/mahasiswa anda sering dihadapkan pada situasi yang menuntut anda berbicara di depan umum seperti presentasi dan diskusi. 


Terkadang berbicara di depan umum memang menjadi kendala besar bagi mereka yang belum terbiasa. Nah lalu bagaimana cara mengatasi rasa minder, gugup, atau grogi di depan umum?




Berikut Cara Berbicara di Depan Umum agar Tidak Grogi


1. Persiapan Sebelum Berbicara di Depan Umum

Sebelum anda berbicara di depan umum, cobalah untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Berikut hal yang harus anda persiapkan sebelum anda berbicara di depan umum
  • Materi. Materi merupakan hal pokok yang akan anda sampaikan kepada audience, Maka dari itu persiapkan hal apa saja yang akan anda sampaikan nantinya agar anda tidak kehabisan kata saat berbicara. Apabila anda tidak mempersiapkan materi dengan baik wajar saja apabila anda gugup bahkan terlihat seperti orang kebingungan. Apabila hal ini terjadi justru anda akan mempermalukan diri anda. Nah cobala untuk mempersiapkan materi yang akan anda sampaikan agar anda lebih siap berbicara di depan umum.
  • Buatlah Catatan Kecil. Setelah anda mempersiapkan materi, cobalah untuk menuliskannya pada kertas. Tuliskan bagian yang penting-pentingnya saja. Hal ini akan membantu anda mengatasi lupa atau kehabisan materi.
  • Latihan. Setelah anda mempersiapkan materi dan membuat catatan kecil, luangkan waktu anda untuk latihan berbicara. Anda bisa melakukannya di depan cermin, pastikan bahwa keluarga anda di rumah mengetahui bahwa anda sedang latihan untuk berbicara di depan umum agar mereka tidak berpikiran macam-macam terhadap anda. 
  • Tenang. Apabila anda sudah melakukan ketiga hal di atas, sebelum anda berbicara anda harus tenang. Saat anda masih belum tenang saat akan berbicara, berusahalah untuk membuat diri anda tenang. Anda bisa tarik nafas pelan-pelan untuk menenagkan pikiran anda. Saat sudah mulai tenang cobalah untuk berbicara sesuai materi yang sudah anda persiapkan.
2. Pelaksanaan
Nah apabila anda sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, tibalah pada pelaksanaan anda berbicara di depan umum. Berikut hal yang bisa anda lakukan untuk mengurangi rasa grogi pada diri anda.
  • Berbicaralah layaknya anda seorang ahli. Apabila anda menjadi pembicara di depan umum, berpikirlah bahwa anda adalah seorang pembicara yang hebat, seorang ahli dari bidang yang akan anda sampaikan kepada audience. Sampaikanlah materi dengan penuh ketegasan dan keyakinan, hal ini akan membuat anda lebih berwibawa dan audience pun akan lebih fokus terhadap anda.
  • Volume Suara. Saat anda berbicara di depan umum. Pastikan semua orang mendengar suara anda dengan baik. Saat anda berbicara dengan suara pelan dan penuh keraguan jutru akan membuat audience tidak memperhatikan anda, hal ini akan membuat rasa tidak percaya diri pada diri anda saat berbicara di depan umum. Maka dari itu lantangkanlah suara anda.
  • Perhatikan Kata yang anda keluarkan. Saat orang berbicara di depan umum biasanya banyak sekali mengeluarkan kataa "euu..eummm.. apaa yah.. (untuk jeda, bingung, atau kehabisan kata). Cobalah untuk membiasakannya mengurangi atau bahkan tidak melakukannya. Hal ini akan membuat anda terlihat lebih siaap dan akan men9ngkatkan rasa percaya diri anda.
  • Tersenyumlah. Saat berbicara jangan lupa untuk selalu tersenyum penuh keceriaan dan sapalah audience. Hal ini akan mengurangi rasa grogi pada diri anda.
Setelah anda mencoba semua langkah di atas, biasakanlah berbicara di depan umum. Bisa itu karena terbiasa. Walaupun saat ini anda masih merasa minder, grogi, canggung atau masih banyak rasa yang anda rasakan yakinlah saat anda membiasakan diri untuk berbicara di depan umum, suatu saat nanti anda akan menjadi seorang pembicara yang hebat yang sudah tidak canggung dan grogi lagi berbicara di depan umum.

Nah itulah ulasan Cara Berbicara di Depan Umum Agar Tidak Grogi yang bisa Geeniuss bagikan. Semoga Bermanfaat

0 Komentar untuk "Cara Berbicara di Depan Umum Agar Tidak Grogi"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top