Cara Mudah Menghafal dan Memahami Pelajaran

Cara Mudah Menghafal dan Memahami Pelajaran - Pada postingan sebelumnya sudah dijelaskan mengenai Cara Mudah Menyukai Pelajaran yang Tidak disukai. Pada kesempatan kali ini Geeniuss akan berbagi tips Cara Mudah Menghafal dan Memahami Pelajaran. 

Selain mengalami kesulitan dalam mengikuti pelajaran sehingga tidak menyukai pelajaran. Seorang pelajar juga terkadang mengalami hal yang namanya kesulitan dalam memahami dan menghafal materi pelajaran. 


Kesulitan dalam memahami dan menghafal materi pelajaran biasanya terjadi karena adanya kemalasan yang ada pada diri seorang pelajar. Oleh karena itu untuk menghindari hal ini harus ada usaha keras dan semangat dari seorang pelajar. Selain itu ada hal yang perlu diketahui oleh seorang pelajar agar mampu menghafal dan memahami pelajaran dengan baik di sekolah.



Sumber Gambar : smkniusingojuruh.files.wordpress.com

Apa sajakah hal yang perlu diketahui tersebut. Berikut Cara Mudah Menghafal dan Memahami Pelajaran.


1. Cari Tahu Apa gaya belajar Kamu
Setiap individu itu unik. Oleh karena itu perlu di ketahui oleh pribadi masing-masing seorang pelajar, bagaimana gaya belajar kamu? Dengan mengetahui gaya belajar akan membuatmu nyaman dan pelajaran akan lebih mudah kamu pahami. Gaya belajar pada diri seseorang biasanya ada tipe visual, kinestetik, dan tipe audio. Cobalah ketahui terlebih dahulu apa gaya belajarmu.

Tipe Visual: Tipe visual atau biasa disebut juga dengan visual learner adalah mereka yang lebih mengandalkan mata saat belajar. Mereka pula lebih mudah memahami serta mengingat pelajaran dari apa yang mereka lihat. Coba tanya dirimu sendiri, apakah kamu seorang pelajar dengan gaya belajar tipe visual?

Jika ya, kamu bisa melakukan tips ini: Cobalah untuk membuat buku catatanmu semenarik mungkin agar kamu lebih senang membacanya, misalnya ketika mencatat pelajaran kamu menggunakan berbagai spidol warna warni untuk beberapa kata penting. Sehingga akan memudahkanmu mengingatnya.

Tipe Kinestetik: Tipe Kinestetik biasa disebut juga dengan Kinestetik Learner, seorang pelajar dengan gaya belajar ini biasanya mereka senang belajar diluar ruangan, seperti di taman, belajar sambil jalan-jalan keliling taman. Mereka akan lebih mudah suntuk belajar dalam keadaan diam.

Tipe Audio atau Audio learner. Seorang pelajar dengan gaya belajar tipe audio biasanya mereka lebih senag belajar dengan mendengarkan. Mereka akan mengerti ketika hanya mendengarkan orang yang sedang membaca namun dikeraskan. Mereka akan lebih cepat paham dan ingat ketika mendengar. Nah jika anda tipe audio anda bisa belajar bersama teman anda yang visual, suruh mereka membaca dengan suara yang dikeraskan sehingga kamu mampu mendengarnya dengan baik, selain itu apabila kamu belajar sendiri cobalah keraskan suaramu. Kamu juga bisa menggunakan alat rekam agar kamu bisa mendengarkannya dilain waktu.  

2. Berpikir Kreatif
Kamu sudah tahu tidak? apa gaya belajarmu sekarang? Nah apabila sudah tahu, cobalah berpikir kreatif apa solusi terbaik yang akan kamu lakukan untuk membuatmu senang ketika belajar dan kamupun akan lebih mudah mengingat dan memahami pelajaran.

3. Belajar dengan Membuat Singkatan
Cara ini bisa kamu gunakan untuk membuatmu lebih mudah dalam mengingat dan menghafal pelajaran. Misalnya untuk belajar warna pelangi kamu bisa menggunakan kata MeJiKuHiBiNiU (Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila, Ungu). Nah cobalah buat singkatan yang menurutmu mudah untuk diingat.

4. Catatlah Hal-hal Penting
Buatlah rangkuman dan jangan malas untuk menuliskan hal-hal penting pada buku catatanmu terkait materi yang sedang kamu pelajari. Hal ini sangat jitu apabila kamu rajin melakukannya. Selain itu cara ini akan memudahkanmu belajar di lain waktu, karena saat kamu belajar kamu tidak lagi harus membuka bukamu yang super tebal, jadi kamu hanya perlu membuka dan membaca buku catatanmu.

5. Belajar dengan Power Point

Apabila kamu malas menuliskan materi di buku catatan cobalah untuk membuat power point. Carilah background yang menarik sehingga kamu akan senang membacanya. Belajar dengan powerpoint sangat efektif dilakukan.

6. Belajarlah di waktu yang tepat dan nyaman

Kamu perlu memperhatikan lingkungan belajarmu, apakah kamu nyaman dengan tempat belajarmu? Cobalah cari kenyamanan saat belajar, karena kenyamanan belajar sangat diperlukan dalam belajar. Selain kenyamanan kamu juga harus belajar di waktu yang tepat, biasanya waktu yang enak buat belajar itu menjelang pagi setelah shalat shubuh. Pikiran masih fresh kamu bisa gunakan waktu pagimu untuk membuka catatanmu.

7. Jangan Malas dan Teruslah Berlatih

Poin terakhir sekaligus hal yang wajib dilakukan untuk menghafal dan memahami pelajaran adalah hindari rasa malas dan jangan pernah malas. Karena kalau kamu malas poin no 1-6 tidak akan pernah kamu lakukan. Karena belajar saja malas, hehe. Jangan pernah malas oke bro. Orang sukses itu tidak ada yang pemalas lho.. :)

Dan jangan lupa kerjakan soal-soal latihan untuk meningkatkan kemampuanmu ya kawan. Tetap semangat dan sukses selalu.

Itulah ulasan Cara Mudah Menghafal dan Memahami Pelajaran. Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk berbagi ke teman teman.
Tag : Menarik
4 Komentar untuk "Cara Mudah Menghafal dan Memahami Pelajaran "

wahg tipsnya sangat berguna dan bermanfaat ya gan, mantap

Tips nya bermanfaat nih :) Saya salah satu orang yang susah buat menghafal, thank mas tip nya (y)

Terimakasih gan, semoga bermanfaat

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top