Cara Mudah Hilangkan Sifat Pendendam

Cara Mudah Hilangkan Sifat Pendendam - Pendendam merupakan sifat yang akan membahayakan pribadi orang yang pendendam. Saat dalam diri muncul sikap pendendam pasti akan membuat diri orang tersebut merasa iri, susah melihat orang senang dan senang melihat orang susah. Sifat pendendam sungguh akan menjadi sifat yang sangat membahayakan jika tidak segera di atasi.

Dengan adanya rasa dendam dalam benak pikiran, akan membuat seseorang merasa cemas, khawatir, dan pastinya sifat yang akan mengotori hati. "Jagalah hati, jangan kau nodai" hhe.. Mari lindungi diri ini dari sifat pendendam.

Apabila sobat terkadang menjadi seorang yang pendendam, cobalah luangkan sedikit waktu membaca artikel ini. Cara Mudah Hilangkan Sifat Pendendam. Semoga sesuai dengan judul artikelnya yang akan memudahkan kita semua menjadi seorang yang tidak pendendam serta lebih mudah memaafkan kesalahan orang lain.

Sumber gambar : johanandyagasi.blogspot.com
Berikut Cara Mudah Hilangkan Sifat Pendendam
  1. Cobalah lihat mereka yang sering biasa menerima cacian bahkan makian yang tidak terbesit sedikitpun dalam hatinya untuk membalas cacian dan makian tersebut. Lihatlah bagaimana mereka bersabar dan mencoba memaafkan kesalahan orang lain. Sesungguhnya kesabaran akan sangat indah. Renungkanlah, apabila saat ini terbesit dalam hati untuk menjadi seorang yang pendendam, keuntungan apa yang bisa didapatkan. Jika merekapun bisa memaafkan kesalahan orang yang berbuat salah bagaimana mungkin kita sendiri tidak mampu melakukannya? jika mereka bisa saya pun pasti bisa. 
  2. Berbagilah dengan sahabat anda. Curhat dengan teman terdekat atau siapapun itu yang akan menjadi tempat berkeluh kesah akan sedikit mengurangi kekesalan, apalagi hingga ingin dendam. Utarakanlah hal yang membuat hatimu kesal, yang mengganjal hati dan pikiranmu. Kemudian dengarkanlah solusi yang temanmu sampaikan, kemudian renungkanlah, bagaimana pendapat atau solusi yang temanmu sampaikan, menurutmu baik atau tidak? 
  3. Berusaha memaafkan kesalahannya. Cara ini memang sulit dilakukan apalagi saat nafsu marah masih ada dalam hati. Namun cobalah berusaha untuk menjadi seorang yang pemaaf. Dengan tulus memaafkan kesalahan orang lain justru akan membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang dan tentram dibandingkan apabla kita menjadi seorang yang dikuasai nafsu marah dan dendam.
  4. Selalu berdoa pada Tuhan. Meminta perlindungan dari segala hawa nafsu yang membahayakan diri. Sesungguhnya dendam merupakan penyakit hati yang dengan menjadi seorang pemaaf dan terus mendekatkan diri kepada Allah lah obatnya. Semoga Allah selalu menjadikan kita sebagai manusia yang pemaaf, yang mampu memaafkan kesalahan orang lain dengan ketulusan hati. amin.
Selain 4 cara di atas, mungkin dengan memahami bahaya yang ditimbulkan dari sifat pendendam ini akan membuat kita sadar, bahwa sifat pendendam itu tidak ada gunanya.

Berikut Bahaya dari Sifat Pendendam
  1. Menimbulkan sifat benci bagi pelakunya.
  2. Menjadikan pribadi sesorang pendendam, lebih mudah tersulut emosinya
  3. Menjadikan anda sulit untuk memaafkan kesalahan orang lain
  4. Dapat mengotori hati
  5. Menimbulkan rasa iri dan dengki pada orang lain.
  6. Sulit memaafkan, akan membuat silaturahmi dengan orang lain bisa terputus, bahkan dapat menimbulkan permusuhan yang terus menerus.
  7. Mendapatkan murka dari Allah SWT. Sesungguhnya seseorang yang memutuskan tali silaturahmi sangat dibenci Allah. Naudzubillah. 
Nah itulah Cara Untuk Menghilangkan Sifat Pendendam. Semoga Bermanfaat

0 Komentar untuk "Cara Mudah Hilangkan Sifat Pendendam"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top